10 Keuntungan Menurunkan Berat Badan

10 Keuntungan Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup
Anda pernah diputus oleh mantan karena terlalu gemuk? Jangan khawatir. Itu hanya akan menjadi masa lalu. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih agar dapat tampil langsing dan maksimal. Selain itu, berat badan yang ideal akan meningkatkan kesehatan Anda. Berikut kami rangkum apa saja 10 keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi kemungkinan diabetes. Kelebihan berat badan adalah penyebab diabetes yang paling penting. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2 tujuh kali lipat. Obesitas membuat seseorang 20 sampai 40 kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes dibanding seseorang dengan berat badan ideal yang sehat. 
  2. Menguatkan jantung. Penurunan berat badan yang sederhana dapat mengurangkan risiko serangan jantung karena zat mirip lemak yang menempel pada bagian dalam arteri ikut berkurang. Zat itu mucul lantaran kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menyebut menurunkan sekitar 10 persen dari berat badan dapat mengurangkan kadar kolesterol jahat, insulin dan trigliserida yaitu jenis lemak dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung. 
  3. Hormon lebih baik. Ketika Anda memikirkan hormon, masa remaja Anda mungkin muncul dalam pikiran, tetapi mereka memainkan peran dalam lebih dari sekedar dorongan seks Anda yang sedang berkembang saat pubertas. Kelenjar tiroid Anda membuat dan melepaskan dua hormon yang sangat penting yang mengatur metabolisme Anda dan juga dapat memengaruhi kekuatan otot. Saat Anda membuang lemak berlebih dari tubuh, hormon Anda stabil dan akibatnya lebih mudah bagi Anda untuk mempertahankan atau lebih jauh lagi penurunan berat badan Anda.
  4. Nyeri sendi berkurang. Sendi Anda sudah terpukul dari keausan sehari-hari — penambahan berat badan di bagian tengah tubuh Anda hanya memperburuk keadaan. Sederhananya, semakin sedikit Anda menimbang semakin sedikit kerangka dan sendi Anda harus mendukung, yang diterjemahkan menjadi kurang nyeri sendi.
  5. Kulit lebih cerah. Anda mungkin telah memulai rutinitas sehat Anda dengan satu-satunya tujuan melangsingkan tubuh, tetapi bonus tambahan dari permukaan perjalanan penurunan berat badan Anda dalam bentuk kulit bercahaya. Anda dapat mengaitkan warna kulit baru Anda dengan peningkatan nutrisi dari semua buah-buahan dan sayuran yang kemungkinan Anda makan dan juga keringat yang mendorong sampah keluar dari pori-pori Anda, mendorong detoksifikasi yang lebih besar.
  6. Dorongan seks lebih besar. Terlalu lelah? Tidak lagi. Penurunan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron dan peningkatan libido, dan menurunkan hanya 5 kg sudah cukup untuk merangsang hormon seks. Terlebih lagi, pas dalam latihan Anda setiap pagi juga meningkatkan aliran darah ke area panggul, lebih meningkatkan dorongan Anda.
  7. Lebih banyak teman. Percaya atau tidak, ini terjadi. Dengan ukuran celana Anda menyusut, Anda juga bisa berharap lingkaran sosial Anda bertambah banyak. Anda sudah menjadi lebih aktif dengan mengejar kebugaran yang lebih baik, dan dengan melakukan itu Anda menempatkan diri Anda dalam situasi sosial yang lebih. Sebagai hasil dari berpartisipasi dalam lebih dari sekadar maraton Netflix di sofa Anda, Anda bertemu lebih banyak orang dan kalender sosial Anda bertambah. Selain itu, kepercayaan diri yang Anda dapatkan dari penurunan berat badan juga membuat Anda ingin lebih bersosialisasi dan mendorong Anda untuk melakukannya.
  8. Stress berkurang. Jika Anda sudah mencentang "mengurangi berat badan" dari to-do-list, Anda sudah memiliki satu hal yang kurang perlu ditekankan. Namun sungguh, hal-hal yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan — makan makanan seimbang, berolahraga secara konsisten, dan banyak tidur — juga merupakan beberapa cara terbaik untuk meredakan stres dan kecemasan.
  9. Daya ingat bertambah. Sering lupa? Kehilangan berat badan dan menjadi lebih aktif meningkatkan kekuatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa ingatan Anda menjadi lebih tajam ketika berat badan total telah berkurang. Jadi Anda tidak hanya akan lebih bahagia sepanjang waktu — ingat, endorfin! —Anda juga akan mengingat hal yang benar-benar perlu Anda lakukan hari ini, besok, dan selanjutnya.
  10. Percaya diri. Kehilangan berat badan sering memberi orang kepercayaan diri untuk tidak hanya bereksperimen lebih banyak dengan gaya, tetapi ingin memamerkan penurunan berat badan mereka dengan pakaian yang menampilkan fisik yang mereka dapatkan dengan susah payah.

Category: Gaya Hidup