Bangun Pagi Bugar? Bisa Kok!

Bangun Pagi Bugar? Bisa Kok!

Gaya Hidup
Pasti banyak di antara kita yang mengalami malas dan lelah saat bangun pagi. Tenang, kamu tidak sendirian kok. Banyak hal yang menyebabkan hal ini, salah satunya adalah karena kebiasaan begadang; entah itu begadang untuk bekerja atau untuk hal-hal lainnya. Begadang menyebabkan kekacauan pada jam tidur kita.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesegaran begitu bangun tidur.

  1. Jangan main ponsel. Hampir semua orang memainkan ponselnya sebelum tidur malam, atau bahkan jika sekadar melihat IG story mantan (aw!) Alat-alat elektronik atau dalam hal ini ponsel dapat memengaruhi stimulasi kognitif pada otak, sehingga memengaruhi kualitas tidur. Cahaya yang dikeluarkan oleh alat elektronik juga dapat memperlambat produksi hormon melatonin yang berperan untuk mengatur jam tidur biologis. Akibatnya, cahaya tersebut akan membuat kamu kesulitan tidur.
  2. Minum air putih sebelum tidur. Ini penting untuk mengisi kembali cairan yang terbuang ketika beraktivitas dan juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.
  3. Bikin lingkungan tidur terasa nyaman. Penulis mengalami sendiri hal ini, jika kondisi atau lingkungan kasur tidak memadai, akan sulit tidur. Atau, jika tidurpun, akan terbangun karena tidak nyaman. Rapikan saja dulu seprai atau barang-barang yang berserakan di kasurmu ya!
  4. Jangan makan sebelum tidur. Lebih baik kamu tidak makan sebelum tidur, karena makanan yang masuk akan membuat perut kamu memproses makanan tersebut lebih keras dan bukannya beristirahat. Beri jeda 3 jam dari makan malam dan tidur sehingga tidur kamu lebih nyaman.
  5. Minum air putih setelah bangun tidur. Yak, ini juga sangat penting dan membantu badan menjadi segar ketika bangun tidur, karena kamu pasti merasa haus dan kerongkongan terasa kering begitu bangun tidur, apalagi kalau kamu tidur menggunakan AC.
  6. Olahraga ringan. Lakukan gerakan sederhana, misalkan peregangan kepala, tangan, dan badan. Meskipun sepele, hal ini bisa membuat tubuh lebih siap dan segar untuk beraktivitas, lho.
  7. Sarapan juga bisa mengontrol berat badan, meningkatkan fokus, dan mencegah peningkatan kadar kolestrol. Karena itu, kamu dianjurkan untuk sarapan setidaknya 30 menit setelah bangun tidur. Karena menurut ahli, sarapan pada waktu 30 menit setelah tidur bisa menstabilkan kadar gula darah.

Category: Gaya Hidup Tags: tidur, gaya hidup sehat